SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN MINYAK KELAPA MURNI (VCO) SEBAGAI ALTERNATIF MINYAK GORENG MURAH DAN SEHAT DI DESA FAJAR BARU KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Authors

  • Sonny Widiarto Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung
  • Suharso Suharso Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung
  • Rinawati Rinawati Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung
  • Dian Septiani Pratama Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung
  • Melaty Danty Imelda Adray Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung
  • Dian Rifani Muthia Jurusan Kimia, FMIPA, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1219

Keywords:

Minyak kelapa murni, VCO, desa Fajar Baru Lampung Selatan

Abstract

Desa Fajar Baru terletak di Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Terletak berdekatan dengan kota Bandar Lampung sehingga memiliki potensi yang strategis yaitu berdekatan dengan pusat perekonomian (pasar Untung). Latar belakang penduduk desa hampir 50% adalah petani, memberikan peluang kepada masyarakat desa Fajar Baru untuk meningkatkan wirausaha sebagai produsen dan penyalur, pedagang, ataupun pusat grosir minyak kelapa murni. Perkembangan saat ini sangat memungkinkan untuk memproduksi minyak goreng berbahan baku kelapa dalam skala industri rumah dan memasarkannya dengan harga kompetitif dibanding dengan minyak sawit yang harganya semakin melambung tinggi. Di samping itu minyak kelapa murni yang dibuat dengan metode mekanik telah terbukti memiliki khasiat bagi kesehatan. Tim Pengabdian Unila memberikan sosialisasi cara pembuatan minyak goreng dari kelapa. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah sosialisasi serta pelatihan pembuatan minyak kelapa murni (virgin coconut oil). Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah pendampingan, pelatihan, dan praktek. Melalui kegiatan ini diperoleh juga kesempatan kepada para pendamping untuk menyebarluaskan hasil kegiatan melalui youtube, media massa, jurnal dan seminar nasional. Pada pengabdian kali ini juga dihasilkan peningkatan pengetahuan peserta berkaitan dengan pengelolaan pembuatan VCO dan pemahaman kewirausahan serta pemasaran sebesar 21% (64,5% menjadi 85,5%).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2022

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)