PENYEGARAN MOTIVASI GURU MELALUI SEMINAR KARYA TULIS ILMIAH DI SMA AL-KHAIRAAT KOTA TERNATE

Authors

  • Elsa Sriwahyuni Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan P. MIPA, FKIP, Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1241

Keywords:

karya tulis ilmiah, kendala menulis, motivasi menulis

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan salah satu indikator dalam syarat pengembangan profesi dan kompetensi guru. Kegunaan utama karya tulis ilmiah bagi guru adalah untuk naik pangkat. Ketika guru tidak mampu menghasilkan karya tulis ilmiah, maka guru mengalami stagnan pada pengembangan karier keprofesiannya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu dilakukan penyegaran untuk memotivasi guru menghasilkan karya tulis ilmiah melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di SMA Alkhairaat Kota Ternate, dengan jumlah peserta 15 orang guru. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk seminar berdasarkan pertimbangan hasil data pra-kegiatan, yaitu pemahaman awal guru mengenai karya tulis ilmiah sudah memadai. Hasil kegiatan pengabdian mengungkapkan bahwa: 1) selama ini persepsi guru karya tulis ilmiah selalu dihasilkan melalui penelitian, 2) motivasi guru dalam menulis karya tulis ilmiah masih terkendala dengan manajemen waktu, kurang mampu merumuskan atau memotret masalah penelitian, merasa bahwa sumber bacaan kurang karena mengira bacaan penelitian adalah dari buku saja, tidak memiliki biaya yang memadai untuk melakukan penelitian, 3) kegiatan pengabdian ini diikuti dengan sikap antusias oleh guru dengan indikator munculnya pertanyaan-pertanyaan konfirmasi saat diskusi, meningkatnya jumlah guru yang mau menulis karya tulis ilmiah dari 13% menjadi 40%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2022

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.