PELAKSANAAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SDN 105269 SUNGGAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA

Authors

  • Imelda Anastasya Pasaribu Universitas HKBP Nommensen
  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Parlindungan Sitorus Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.1211

Keywords:

Mahasiswa, Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam program Kampus Mengajar adalah membantu mengajar, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah. Mahasiswa Kampus Mengajar berfokus dalam peningkatan kualitas pembelajaran dan kemampuan numerasi serta literasi pada siswa Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP). Salah satunya di SD Negeri 105269 Sei Beras Sekata, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiatan ini memberikan hasil pengalaman yang belum tentu didapat bagi mahasiswa melalui bangku perkuliahan. Hasil dari program ini adalah sebagai penanaman empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa, mengasah keterampilan dan menyelesaikan masalah dalam bekerja sama lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional melalui pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-09-2023

Most read articles by the same author(s)