PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS ( STORY TELLING) DI SDN PAMAH MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3

Authors

  • Julita Malau Universitas HKBP Nommensen
  • Mula Sigiro Universitas HKBP Nommensen
  • Hebron Pardede Universitas HKBP Nommensen
  • Bangun Munthe Universitas Negeri Medan
  • Bloner Sinurat SDN 040442 Pamah

DOI:

https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1218

Keywords:

Literation, story telling, english teaching

Abstract

Bahasa  Inggris  sebagai  salah  satu  bahasa  internasional  diperlukan dalam  masyarakat  untuk  saling  bersosialisasi.  Oleh  karena  itulah  diperlukan pembelajaran  yang  baik,  formal  dan  informal,  sejak  anak-anak  agar  tercapai target pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan tuntutan kurikulum. Untuk itulah diperlukan penerapan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak (young  learners).  Multiple Stories-reading  merupakan  salah  satu  metode  yang bisa diterapkan untuk anak-anak melalui beberapa tahapan yaitu: stimulus melalui novel  words,  stories  dan  ilustrasi,  dilanjutkan  dengan  story  exposure (pembacaan cerita dan  anak-anak mendengarkan), animasi task  (integrasi kata-kata baru yang didengar), dan phonological recall (pengulangan cara membaca), serta  definisi  kata-kata.  Pengabdian  kepada  masyarakat  di  desa Pamah  Lau gunung,  Tanah Pinem Dairi, bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan penguatan literasi Bahasa  Inggris  melalui multiple  stories-reading.  Dengan  didahului  dengan observasi,  implementasi  metode  ini  dilaksanakan  dengan  diawali  dengan sosialisasi,  tahap  persiapan,  dan  tahap  pelaksanaan.  Hasil  dari  penerapan metode  ini  antara  lain;  anak-anak  mendapatkan  kosa-kata  baru  dari  berbagai cerita dan mampu menerapkannya dengan mentransfer ide, nilai dan karakter pada cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2022

Issue

Section

Articles