PENINGKATAN LITERASI BAHASA INGGRIS ( STORY TELLING) DI SDN PAMAH MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3
DOI:
https://doi.org/10.23960/buguh.v2n4.1218Keywords:
Literation, story telling, english teachingAbstract
Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa internasional diperlukan dalam masyarakat untuk saling bersosialisasi. Oleh karena itulah diperlukan pembelajaran yang baik, formal dan informal, sejak anak-anak agar tercapai target pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan tuntutan kurikulum. Untuk itulah diperlukan penerapan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak-anak (young learners). Multiple Stories-reading merupakan salah satu metode yang bisa diterapkan untuk anak-anak melalui beberapa tahapan yaitu: stimulus melalui novel words, stories dan ilustrasi, dilanjutkan dengan story exposure (pembacaan cerita dan anak-anak mendengarkan), animasi task (integrasi kata-kata baru yang didengar), dan phonological recall (pengulangan cara membaca), serta definisi kata-kata. Pengabdian kepada masyarakat di desa Pamah Lau gunung, Tanah Pinem Dairi, bertujuan untuk membantu masyarakat, khususnya anak-anak dalam rangka meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan penguatan literasi Bahasa Inggris melalui multiple stories-reading. Dengan didahului dengan observasi, implementasi metode ini dilaksanakan dengan diawali dengan sosialisasi, tahap persiapan, dan tahap pelaksanaan. Hasil dari penerapan metode ini antara lain; anak-anak mendapatkan kosa-kata baru dari berbagai cerita dan mampu menerapkannya dengan mentransfer ide, nilai dan karakter pada cerita.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

