WORKSHOP MENYELARASKAN KONSEP FISIKA SMA DAN PERGURUAN TINGGI DALAM KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU FISIKA SEKOTA METRO

Workshop on Aligning High School and University Physics Concepts within the Merdeka Curriculum for Physics Teachers in Metro City

Authors

  • Gurum Ahmad Pauzi Lampung University
  • Yanti Yulianti Universitas Lampung
  • Dwi Asmi Universitas Lampung
  • Syafriadi Universitas Lampung

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Fisika SMA, Workshop, Pengabdian Masyarakat

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menyelaraskan konsep fisika tingkat SMA dengan pembelajaran fisika di perguruan tinggi, serta memperkuat kapasitas guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara efektif. Kurikulum ini menuntut pendekatan pembelajaran yang lebih kontekstual, kolaboratif, dan berorientasi pada penguatan kompetensi abad ke-21. Melalui kegiatan workshop yang melibatkan 17 guru fisika dari berbagai SMA di Kota Metro, peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai prinsip-prinsip utama Kurikulum Merdeka, penguatan konsep dasar fisika, serta penyusunan perangkat modul ajar yang relevan. Workshop ini tidak hanya berperan sebagai wadah transfer pengetahuan, tetapi juga sebagai forum diskusi aktif yang membuka ruang kolaborasi antara guru dan dosen fisika dari perguruan tinggi. Kegiatan ini terbukti berhasil menjembatani kesenjangan epistemik antara jenjang pendidikan menengah dan tinggi, serta membentuk jejaring profesional yang potensial untuk pengembangan pembelajaran jangka panjang. Evaluasi kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terhadap penyusunan perangkat ajar dan strategi pembelajaran berbasis projek. Selain itu, teridentifikasi kebutuhan nyata terhadap pendampingan lanjutan, khususnya dalam pengembangan asesmen otentik dan penguatan pembelajaran berbasis fenomena sesuai arah transformasi pendidikan nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-03-2025

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.