PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BRANDING DAN PEMASARAN GULA SEMUT DENGAN PEMANFAATAN E-COMMERCE DI PEKON PENENGAHAN KECAMATAN LEMONG

Pemberdayaan Masyarakat melalui Branding dan Pemasaran Gula Semut dengan Pemanfaatan E-commerce di Pekon Penengahan Kecamatan Lemong

Authors

  • Mahasiswa KKN Univeristas Lampung Laviola Universitas Lampung

Keywords:

Branding, Pemasaran, E-commerce

Abstract

Gula semut dibuat dari sari nira tanaman pohon aren yang membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pembuatan gula merah. Gula semut merupakan salah satu olahan daerah di Pekon Penengahan, digunakan sebagai barang dagangan lokal, namun tanpa pemasaran dan kemasan yang baik produksi dan penjualannya sedikit. Salah satu tujuan penulisan artikel ini untuk Pekon Penengahan adalah meningkatkan penjualan gula semut di Pekon Penengahan dan membuat jalan Gula Semut Penengahan dikenal di luar Pekon, terutama dengan mendidik pengrajin membuat semut pada perluasan pasar melalui pasar yang menarik dan promosi. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif. Hasilnya masyarakat yang memproduksi gula semut telah terbentuk marketplace yang menjual gula semut KTH Aren Sejahtera Pugung Penengahan. Artikel ini terbatas pada pelaksanaan KKN Desa Penengahan Periode 1 2023.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-12-2024