PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DESA ADI LUHUR, KECAMATAN PANCA JAYA, KABUPATEN MESUJI KKN UNIVERSITAS LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/buguh.v3n4.2560Keywords:
UMKM, Pemasaran, Teknologi, DigitalAbstract
Perkembangan dunia yang terus berlanjut telah memicu kemunculan ranah digital yang juga memberikan dampak signifikan pada bidang pemasaran. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang merupakan salah satu penopang pendapatan negara, harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Salah satu cara adaptasi yang bisa dilakukan adalah melalui strategi pemasaran digital. Bukti telah menunjukkan bahwa pemasaran digital memiliki pengaruh yang besar terhadap profitabilitas usaha. Namun, masih ada banyak pemilik UMKM yang kurang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pelatihan dan pendampingan bagi mereka terkait pemasaran digital. Contohnya, Desa Adi Luhur, Mesuji, Lampung memiliki sejumlah UMKM yang berpotensi tumbuh melalui pemasaran digital. Dengan melalui pelatihan dan pendampingan yang diberikan, para pemilik UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pemasaran digital. Hasilnya, mereka dapat meningkatkan branding usaha melalui pembuatan logo dan kemasan, serta memanfaatkan media sosial dan platform jual-beli online. Ini membuat para pemilik UMKM merasa terbantu dan mampu mengaplikasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh dengan baik.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.