PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DIGITAL MARKETING DESA ADI LUHUR, KECAMATAN PANCA JAYA, KABUPATEN MESUJI KKN UNIVERSITAS LAMPUNG

Authors

  • Sapto Kuncoro Universitas Lampung
  • Hildhan Dela Prastian Universitas Lampung
  • Andi Septian Universitas Lampung
  • Aufar Farrell Khamada Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/buguh.v3n4.2560

Keywords:

UMKM, Pemasaran, Teknologi, Digital

Abstract

Perkembangan dunia yang terus berlanjut telah memicu kemunculan ranah digital yang juga memberikan dampak signifikan pada bidang pemasaran. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), yang merupakan salah satu penopang pendapatan negara, harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan ini. Salah satu cara adaptasi yang bisa dilakukan adalah melalui strategi pemasaran digital. Bukti telah menunjukkan bahwa pemasaran digital memiliki pengaruh yang besar terhadap profitabilitas usaha. Namun, masih ada banyak pemilik UMKM yang kurang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya pelatihan dan pendampingan bagi mereka terkait pemasaran digital. Contohnya, Desa Adi Luhur, Mesuji, Lampung memiliki sejumlah UMKM yang berpotensi tumbuh melalui pemasaran digital. Dengan melalui pelatihan dan pendampingan yang diberikan, para pemilik UMKM dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam pemasaran digital. Hasilnya, mereka dapat meningkatkan branding usaha melalui pembuatan logo dan kemasan, serta memanfaatkan media sosial dan platform jual-beli online. Ini membuat para pemilik UMKM merasa terbantu dan mampu mengaplikasikan pengetahuan serta keterampilan yang telah diperoleh dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

31-12-2023

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.